Cara Mengubah Ukuran Cluster Hard Disk

cluster-hd

cluster-hd

Mengubah Ukuran Cluster Hard Disk

Satuan penyimpanan terkecil yang diatur dalam sistem operasi ini mempunyai ukuran yang bergantung kepada besarnya hard disk. Agar lebih optimal, ukuran cluster dapat kita atur secara manual.
Ukuran cluster sangat menentukan dalam seberapa besar area pada hard disk yang sebenarnya digunakan oleh setiap file yang disimpan di dalamnya. Ukuran file yang kita lihat lihat pada Explorer bukanlah merupakan gambaran yang sebenarnya dari besarnya kapasitas yang terpakai dari hard disk.

Apabila kita melihat ke belakang, jauh sebelum munculnya sistem file FAT32, ukuran cluster masih menjadi persoalan tersendiri bagi sistem file FAT16 khususnya pada hard disk dengan ukuran 1 GB hingga 2 GB. Penyebabnya adalah karena ukuran cluster-nya yang sebesar 32 KB sehingga menyebabkan banyak area hard disk yang ‘terbuang’ percuma.

Sebagai contoh, pada hard disk Anda terdapat file berukuran 1 KB. Kapasitas hard disk yang terpakai adalah sebesar 32 KB, bukannya 1 KB. Karena sebuah file minimal menempati sebuah cluster, maka meskipun ukuran file-nya hanya 1 KB, satu cluster tetap digunakan (32 KB).

Apabila file-file sejenis ada ratusan buah, maka area yang terbuang percuma akan semakin banyak. Untunglah masalah ini dapat diatasi dengan hadirnya sistem file FAT32 dengan dukungan hard disk hingga 2 TB yang lebih efisien dalam menggunakan hard disk karena ukuran per cluster-nya yang lebih diperkecil (ukuran maksimal per cluster 32 KB).

Ukuran cluster pada FAT32 selengkap yaitu, untuk hard disk 512 MB – 8 GB: 4KB; 8 -16 GB: 8 KB; 16 – 32 GB: 16KB; 32 ke atas: 32KB). Ukuran cluster di atas merupakan ukuran standar saat kita telah memformat hard disk. Bagi Anda yang tetap menginginkan ukuran cluster yang lebih kecil meskipun hard disk-nya tergolong besar, masih harus menggunakan utility partisi hard disk dari pihak ketiga, seperti Power Quest Partition Magic atau System Commander. Windows atau DOS tidak menyediakan fasilitas ini.

Caranya mudah: Pada Partition Magic , klik kanan pada salah satu partisi pilih “Advanced | Resize Clusters…”. Anda dapat langsung memilih ukuran cluster yang diinginkan mulai dari 1 KB hingga 32 KB. Setelah itu lanjutkan dengan mengklik “ OK | Apply changes”. Lamanya proses tergantung kecepatan PC dan hard disk Anda.

Satu Tanggapan to “Cara Mengubah Ukuran Cluster Hard Disk”

  1. irwansyah80 Says:

    Betollllllllllllll……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: