Cara Membuat Sendiri Aplikasi Java Pada Ponsel

J2ME sendiri adalah teknologi dari Java programming language yang di khususkan untuk perangkat mobile seperti Handphone, Pocket PC dan apa lagi yah. Pokoknya buat perangkat kecil yang sering dibawa kemana-mana itu lho. J2ME sebenarnya sama dengan pemrograman menggunakan java sendiri, hanya saja dalam J2ME ada beberapa fungsionalitas yang ditambah dan dikurangi dan di sesuaikan untuk pemrograman perangkat mobile.

Tentunya untuk bisa membuat game di HP kita harus sudah biasa dulu menggunakan pemrograman dengan java, disini saya tidak akan mengulas bahasa pemrograman java -mungkin lain kali dalam postingan yang berbeda- saya mengharapkan anda sudah memiliki pengetahuan java sebelumnya. Disini saya hanya akan memberikan pengetahuan mengenai alat yang digunakan dalam membuat program java di HP dan konsepnya.

Untuk alatnya saya menggunakan IDE(Integrated Development Environment) NetBeans versi 6 yang bisa di download gratis di sini, pilih NetBeans yang sudah termasuk Mobility Pack. Agar kita bisa langusng menulis kode program tanpa harus menginstal macem-macem lagi.

Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah.
Pilih MIDP Application dan tekan Next. Selanjutnya anda akan di bawa ke layer Name and Location seperti di bawah ini.Input Project Name yang sesuai dengan nama project anda dan hilangkan centang di Create Hello Midlet. Tekan Next
Ini adalah layar untuk menentukan target perangkat yang akan anda buat aplikasinya. Pada baris Emulator Platform adalah pilihan emulator yang anda Install di computer anda, untuk saat ini anda hanya menginstall emulator bawaan dari NetBeans anda. Setelah anda merasa perlu menginstall emulator platform untuk spesifik dari vendor lain seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola anda dapat mengubahnya disini.

Device adalah perangkat emulator atau HP yang nantinya akan anda jalankan di computer anda, dalam menjalankan program yang akan anda buat. Apabila nantinya anda menginstal emulator platform dari vendor lain anda akan bisa menggunakan HP spesifik dari vendor tersebut.

Device Configuration dan Profile adalah spesifik kemampuan dari paket perangkat yang akan anda jadikan target aplikasi anda, sebagai contoh saya punya HP K608 itu mempunyai spesifikasi CLDC 1.1 dan MIDP 2.0 artinya HP saya bisa menjalankan program dengan paket yang ada di CLDC 1.1 dan MIDP 2.0. Untuk lebih lanjut mengenai perangkat yang anda jadikat target riset lah dahulu dengan melihat spesifikasi HP atau perangkat target anda.

Untuk mempermudah anda mengerti, cukup bayangkan HP lama adalah MIDP 1.0 seperti nokia 6015 dan nokia yang gede dengan slidenya yang saya lupa apa mereknya dan HP lama lainnya. MIDP 2.0 HP baru seperti nokia N70, N73, SE K600, SEW800 dan lain lain. Karena MIDP 2.0 lebih banyak ada baiknya anda pilih MIDP 2.0 dan CLDC 1.1 untuk aplikasi kita kali ini.

Pilih Next dan langsung pilih Finish. Siap siap!

Sebenarnya dalam NetBeans ini anda dapat membuat aplikasi HP dengan Visual MIDlet yang ada dalam NetBeans ini, tetapi untuk lebih memahami secara mendalam konsep pembuatan aplikasi dalam J2ME disini saya tidak akan memakai Visual MIDlet.

Konsep program J2ME adalah sebagai berikut. Dalam J2ME kita harus akan membuat main class turunan dari class MIDlet, main class turunan dari MIDlet tersebut yag nantinya akan dipanggil pertama kali saat applikasi kita berjalan di HP, dalam main class tersebut juga ada 3 method yang nantinya berfungsi sebagai trigger even dari HP kita. Seperti:

starApp(), method yang dipanggil apabila aplikasi kita pertama kali jalan.
pauseApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp mempause aplikasi kita.
destroyApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp menutup aplikasi kita.

Kita mulai dengan membuat classMIDlet baru untuk project anda. Klik kanan para project anda di project explore dan pilih new-MIDlet, namakan class baru itu dengan nama MIDletPertama. Kode terakhir file MIDlet anda terlihat seperti di bawah ini.
Untuk pertama kali kita akan menampilkan “Hello J2ME World” pada layar HP. Ada dua jenis tampilan dalam MIDlet,

Low Level menggunakan class Canvas

High Level menggunakan Form

Disini kita akan menggunakan form untuk mempermudah anda mengerti pembentukan tampilan di MIDlet.

Perhatikan kode di atas, frPertama adalah object Form yang akan kita tampilkan di layer, kita memberi judulForm tersebut dengan “Judul”. Lalu method append adalah method untuk menambahkan Item pada Form, Item yang ingin saya tambahkan adalah String “Hello J2ME World”. Statement Display adalah statement untuk menampilkan object frPertama kedalam layer.

Pilih F11 untuk build project dan F6 untuk run project.

Pilih midlet yang ingin dijalankan dan tekan launch di emulator, selanjutnya emulator anda akan menampilkan Form yang anda buat, seperti di bawah.

Selamat, program anda sudah berjalan baik di emulator, bagaimana caranya menjalankan di HP sesungguhnya?

Masuk kedalam folder project NetBeans anda, buka folder dist
Transfer file jar program anda ke HP anda melaluli Bluetooth, infra merah atau kabel data
Selamat mencoba.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: